Cara Belajar Menulis Berita

Pengalaman saya belajar menulis berita rasanya sulit sekali, wajar saja masih pemula, kalau membaca tulisan berita karya teman saya enak sekali susanan kata demi katanya, membuat saya penasaran bagaimana cara belajar menulis berita, kemudian bisa menulis seperti senior saya tersebut.

Beberapa nasehat untuk mahir menulis berita adalah membutuhkan proses yaitu jadikan menulis menjadi sebuah kebiasaan, dengan kebiasaan menulis lambat laun akan memahami bagaimana menulis berita, jadi dalam profesi menulis ini pintar diperoleh dari sepak terjang atau pengalamannya, semakin sering menulis akan semakin menguasai teknik menulis.

Ada nasehat juga yang pernah saya baca, untuk bisa menulis memang harus sering menulis, kemudian lihat hasilnya antara tulisan pertama bandingkan dengan tulisan setelah satu bulan atau dua bulan, tentunya akan berbeda mungkin tulisan awal tidak sistematis setelah dua bulan sususan kalimatnya lebih baik, lebih enak di baca. ( simak juga artikel lainnya : Cerita peduli orang kecil )

Terkadang yang menjadi kesulitan menulis berita bagi pemula adalah bagi saya sendiri adalah kerangka artikelnya, apa saja yang harus ditulis untuk sebuah berita misalnya kegiatan pengobatan gratis, poin-poin apa saja yang di beritakan. Bagi pemula ini menjadi kesulitan.

Berikut ada pengalaman saya bagaimana cara belajarnya, yaitu dengan membaca artikel atau berita tentang pengobatan gratis bisa anda dapatkan dari koran, majalah atau browsing setelah anda dapatkan anda baca dan catat poin-point apa saja yang di beritakan. Dengan kebiasaan seperti ini lambat laun juga anda akan pintar dengan sendirinya, dalam hal ini wawasan anda dari hari ke hari bertambah sehingga dengan pengalaman tersebut membuat berita menjadi hal yang tidak sulit lagi. ( baca juga : Menjalani hidup seperti olah raga arum jeram )

Gambaran singkatnya anda cari artikel pengobatan gratis kemudian ganti saja pada tempat, tanggal, rangkaian acara pada pengobatan gratis yang sedang anda liput untuk dijadikan berita.
Sekian pengetahuan yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini tentang bagaimana cara mudah menulis berita.


Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com



Comments