Hati-Hati Ketika Ber Internetan menggunakan Wifi

Pengetahuan baru bagi saya buka email ada pemberitahuan google alert tentang Tips menggunakan Wifi untuk internetan, mudah dan gratis ketika menggunakan wifi di fasilitas umum ternyata ada bahayanya juga, sadarkah bahwa melakukan aktivitas online di jaringan WiFi gratis rentan diretas oleh hacker? Begitu bahayanya, lembaga penegak hukum Uni Eropa, Europol sampai mengeleuarkan peringatan kepada para pengguna internet agar tidak mengirim atau menerima data penting menggunakan jaringan WiFi. Hal ini dikarenakan banyak kasus ditemukan adanya serangan melalui jaringan WiFi yang sulit dideteksi.

Berikut yang saya kutip dari sumbernya i berita


Akibat dari serangan itu salah satunya adalah kebobolan kartu kredit. Para hacker biasanya menyerang para pengguna yang memiliki kartu kredit dan menyalahgunakannya untuk kepentingan mereka. Sehingga hal ini membutuhkan kehati-hatian dari para pengguna agar dapat menjaga apa yang menjadi miliknya. Dengan temuan ini, maka WiFi gratisan sangat berpotensi untuk membayakan para pengguna internet.

Salah satu peneliti senior dari Kaspersky Lab, David Emm menambahkan bahwa aktivitas browsing di tempat umum sangat membahayakan. Para hacker dapat dengan mudah memasuki akun pengguna dan menjaring informasi-informasi penting. Karena boleh jadi orang-orang yang berada di sekitar pengguna adalah hacker yang sedang melakukan aksinya.


Berikut juga lanjutan dari kutipan yang saya dapatkan dari sumbernya

Dengan melihat kenyataan itu, David berbagi tips aman saat online di jaringan WiFi publik. Pertama, Pastikan bahwa WiFi publik tersebut memiliki reputasi yang baik sebagai jaringan yang aman terpercaya dan menggunakan sistem keamanan berupa username dan password. Berikutnya adalah login ke situs web yang menyangkut akun kita dengan “https“. Terakhir, pastikan komputer telah terlindungi dengan software keamanan yang andal dan terkemuka dan pastikan antivirus yang ditanam di komputer dan perangkat yang digunakan untuk online selalu update.

Demikian share Pengetahuan kali ini, mudah-mudahan bermanfaat 


Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com



Comments

  1. Ngeri.. Masalah sekarang itu internet pake wifi itu lebih kencang dibanding pake modem mas..

    ReplyDelete

Post a Comment