Sekedar Saran dan Masukan Untuk Mahasiswa

Andai saja waktu bisa diulang saya akan memperbaikinya selama menjadi mahasiswa, waktu itu mungkin kurang pengetahuan dan mental juga yang kurang berani, pemalu dan lain-lain. Semoga postingan ini bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani study sebagai mahasiswa. Berikut ada beberapa hal yang akan saya share disini.

Mungkin ada juga sebagian orang yang menganggap jadi anak rantauan menjadi mahawasiswa enak, dapat uang jatah bulanan kurang minta lagi atau bisa ngeles ada tugas butuh ini butuh itu minta jatah bulanannya ditambah. Kemudian karena niatnya kuliah tidak melakukan apa-apa selain sibuk kuliah. Padahal kalau anak rantauan yang ngekos banyak waktu senggang. Padahal tidak selamanya bergantung kepada orang tua, pada waktunya nanti harus mandiri.

Berikut ini sekedar saran dan masukan yang bisa saya sampaikan dari apa yang pernah saya rasakan selama jadi mahasiswa, cobalah jadi mahasiswa yang berusaha mandiri dari segi keuangan dan aktif untuk menunjang masa depannya khususnya setelah lulus kuliah nanti. Cobalah diwaktu senggang gunakan waktu sebaik-baiknya misalnya dengan berwirausaha atau berbisnis apa, atau kalau tidak punya modal bermainlah dengan teman yang berwirausaha, untuk sementara anggaplah latihan jangan mengharap gaji dulu, abaikan gengsi,  belajarlah pada teman anda itu. Lagian anda juga meski tidak dapat bayaran masih dapat jatah dari orang tua. Kalau anda punya ketrampilan anda bisa melamar pekerjaan part time. Bermainlah dengan teman-teman yang punya kesibukan kegiatan positif karena hal ini akan sangat bermanfaat ketika nanti anda lulus kuliah kemudian melamar pekerjaan anda sudah mendapatkan pengalaman bekerja dan yang terpenting mental anda juga sudah siap ketika memasuki dunia kerja, dari apa yang saya rasakan mental ini sangat penting. Nanti anda akan mengalaminya sendiri. Waktu terus berjalan jika anda santai anda bisa bayangkan apa yang akan terjadi pada anda sendiri.

Bayangkan jika seperti ini anda mahasiswa merantau ngekos, kuliah 2 jam paling lama mungkin 6 jam, pulang kuliah dikos saja biar hemat mau keluar main pasti keluar uang jajan, kemudian biar dianggap tidak ketinggalan trend ganti handphone keluaran terbaru, karena banyak waktu senggang main computer ngegame, kalau tidak jalan-jalan dengan pacar, itu-itu aja yang dilakukan, tiba waktunya anda lulus mendapatkan gelar sarjana, kemudian mau buka usaha bingung, melamar pekerjaan susah karena belum punya pengalaman, kemudian ada yang nerima bekerja malu masa sarjana kerjanya seperti itu milih mending nganggur, waktu terus berjalan umurnya sudah seharusnya menikah belum menikah karena belum kerja juga, akhirnya menyesal.
Itu bukan cerita saya lho, meski saya dulu santai Alhamdulillah setelah lulus kuliah saya langsung kerja, tapi saya merasa start saya agak terlambat.

Artikel berikutnya Menjalani hidup seperti olah raga arum jeram 

Sekian share kali ini mudah-mudahan ada manfaatnya.

Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com



Comments

  1. bener tuh. Walaupun saya bukan anak kos2an waktu kuliah, tapi saya banyak mencari kegiatan di luar kampus karena supaya banyak pengalaman

    ReplyDelete
  2. kebanyakan lebih mengedepanin gengsi kalo sekarangmah si,

    ReplyDelete
  3. @Achmad : pengalaman memang penting, setiap wawancara kerja, pengalaman sering ditanyakan dan pengalaman juga jadi modal jika inginmembuka usaha

    ReplyDelete
  4. @ Ucu : iya sebagian gengsi, ya makhlum belum tahu kedepan, belum merasakan, orang bilang : orang tua pernah jadi anak, anak belum pernah jadi orang tua

    ReplyDelete

Post a Comment