Pengalaman Blogging dan Kenapa Ditolak Google Adsense

Anda tertarik untuk menjadi publisher Google Adsense, berikut saya akan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang google adsense, semoga dengan ditulisnya artikel ini anda bisa mendapatkan gambaran apa si google adsense.

Dulu awal mengenal blog, sering blogwalking untuk memperdalam pengetahuan seputar pengetahuan tentang blogging, disitulah saya menemukan sebuah informasi mendapatkan penghasilan dari internet dengan menjadi mitra google adsense yaitu menjadi publishernya, cukup menarik kalau membaca para blogger yang sudah sukses mendapatkan penghasilan dari internet dengan blognya. Setelah membaca artikel itu saya pun mendapatkan gambaran dan tertarik juga bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense, tapi sayang waktu itu hanya bisa dengan blog bahasa inggris, jadi blog berbahasa Indonesia ketika saya mencobanya ditolak.

Kemudian sayapun melupakan Google Adsense, fokus pada konten blog dengan posting artikel, pada tahun 2012 google adsense mulai menerima mitra blog Berbahasa Indonesia, disitulah banyak para blogger yang mendaftar menjadi publisher google adsense dan ketika saya blogwalking mereka sudah bercerita hasil dari google adsense ini, saya pun mencobanya kembali, pendaftaran yang kedua ini ada kemajuan diterima di tahap pertama gagal ditahap kedua, kalau tidak salah blog saya bisa lolos tahap pertama dimungkinkan karena umur blog saya, blog saya ini dibuat tahun 2010, ketika tahap kedua direview google sampai seminggunan hasilnya ditolak lagi, kemungkinan ditolak ini karena konten, makhlum awal blogging kurang pengetahuan jadi posting artikelnya asal-asalan, jadinya ketika direview google kemungkinan ada konten yang tidak memenuhi syarat, karena berdasarkan dari informasi teman-teman artikel 100% harus original. Sampai disini lah saya memahami bagaimana blogging itu sebenarnya. Tidak menyerah untuk bisa diterima google saya pun membuat blog baru dengan mencoba lebih baik lagi tidak seperti dulu yang hanya asal-asalan tidak memperhatikan kualitas, tapi yang dipikirkan kuantitas.

Dari pengalaman inilah saya mendapatkan pelajaran atau catatan-catatan evaluasi saya selama blogging dan kenapa ditolak google adsense berikut ulasannya

1. Untuk Awal blogging Fokus konten blog jangan uang

Secara logika sudah jelas untuk blog baru yang tentunya masih minim pengunjung, kemungkinan sangat kecil sekali jika dimanfaatkan untuk menghasilkan uang lewat PPC (pay per click ), karena menghasilkan uang dari blog sangat tergantung pada trafik blog dan konten blog. dari beberapa masukan informasi yang saya dapatkan blog baru adalah untuk penentuan karakter blog, tema blog, jadi ketika orang pertama membaca blog tersebut berkesan, memiliki karakter dalam bahasa penulisan, jadi untuk awal fokus saja pada konten, dan bersabar dulu untuk tidak memikirkan penghasilan dari blognya sampai blog berumur dan trafik yang tinggi, dari sepengetahuan saya blog bisa dimanfaatkan menghasilkan uang jika bertrafik minimal 1000 visitor perhari. Meskipun tidak dapat dipastikan 1000 visitor hanya perkiraan, karena selain trafik konten artikel juga berpengaruh dalam kesuksesan mendapatkan uang dari blog, ini bisa dicontohkan misalnya blog anda tentang panduan blogging, rata-rata pengunjungnya dimungkinkan blogger juga yang tahu tentang PPC jadi mana mungkin meng klik iklan PPC yang ada dblog bertemakan panduan blogging.

2. Tulis Artikel 100% original

Ini merupakan hal penting jika anda tertarik dengan google adsense, artikel anda harus original, meskipun terkadang sulit dalam mendapatkan ide penulisan dan akhirnya copy paste meskipun dicantumkan url sumbernya ini tetap tidak masuk dalam artikel berkualitas, kalau pun anda ingin memposting artikel tersebut baiknya anda tulis ulang dengan bahasa anda sendiri sehingga menjadi artikel yang original, ada sebuah ungkapan jika artikelnya terindek google di halaman pertama kemudian isinya sama anda akan ketahuan bahwa artikel anda hasil copy paste.
Artikel original ini juga memberikan nilai positif bagi perkembangan kemajuan blog anda,  mesin pencari google sebagai penyumbang sumber trafik tertinggi menyukai artikel unik yang original sehingga besar kemungkinan artikel-artikel original akan mendapatkan rangking di halaman pertama google. Jika anda mendaftarkan ke google andsense artikel original ini juga menjadi peranan karena saya pernah dengar, meski trafik blog rendah jika kualitas artikelnya original juga bisa diterima menjadi publisher google adsense. Akan tetapi pengertian artikel yang unik dan original ini tidak berarti hanya original saja, namun juga harus memiliki nilai informasi yang bermanfaat bagi pembacanya.

3. Backlink dari blogwalking

Saya pernah berkunjung kesebuah blog bertrafik tinggi, pemilik blog ini memberikan pernyataan kalau mau blog bertrafik tinggi sering-seringlah silahturahmi ke blog-blog lakukan rutin dan konsisten, maka dalam satu tahun blog akan memiliki perubahan kemajuan trafik yang tinggi, kelihatanya pemilik blog ini sudah mempraktekannya sendiri, saya senang berkunjung ke blog ini karena cerita pengalaman-pengalamannya yang memberikan pembelajaran tentang blogging.  Blogwalking ini bisa dibilang teknik backlink yang efektif dan natural, saya pernah dalam masa review google saya melakukan teknik backlink secara instan, apa yang terjadi paginya hasil review google saya ditolak, sebuah kesalahan ternyata setalah saya baca-baca ada artikel yang memberikan informasi bahwa teknik backlink instan itu dianggap scam dan tidak disukai google, yang benar buat senatural mungkin, biarkan SEO mengalir dengan sendirinya, fokuslah menulis artikel yang berkualitas.

4. Evaluasi dan Perbaiki

Ketika blogwalking kita akan menambah wawasan dan juga kita bisa membandingkan antara blog kita dengan blog orang lain, dari situ anda bisa menilai mengevaluasi apa kekurangan blog anda, dari sinilah anda akan berupaya memperbaiki blog anda agar lebih baik seperti kesuksesan blog orang lain. banyak pelajaran yang saya dapatkan seperti penempatan iklan, loading blog, pengaturan tata letak, saya sering melakukan perubahan pada hal-hal tersebut sampai pada akhirnya menemukan pengaturan tata letak yang saya anggap tepat.

5. Kapan Waktunya Blog untuk penghasil uang

Setelah melalui keempat tahapan diatas, anda bisa menilai pantaskah blog anda sudah bisa dioptimalkan untuk menghasilkan uang dari blog, pendapat saya untuk bisa menghasilkan uang dari blognya yang harus diukur adalah trafik blog, kemudian pada mesin pencari google banyak artikel-artikel anda yang keindek digoogle, jika banyak dan trafiknya tinggi bisa dipastikan blog anda sudah siap dijadikan mesin uang untuk anda. kemudian apabila dengan trafik tinggi anda masih ditolak juga oleh google adsense, jangan menyerah karena masih banyak alternatif untuk mendapatkan uang dari PPC lokal, bisa juga anda membuka periklanan mandiri. Dengan modal trafik yang tinggi blog akan mudah dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

baca juga artikel lainya pada MEMBUAT BLOG PANTAS BERTRAFIK TINGGI

Demikian share pengalaman blogging, secara singkat saya bisa mengungkapkan jika blog anda yang masih baru dimanfaatkan untuk uang maka akan merusak kosentrasi anda dalam membuat artikel blog  yang berkualitas yang disukai pengunjung dan juga disukai mesin pencari google.



Dukung blog ini caranya berbelanja online di www.tokofaiz.com klik disini www.tokofaiz.com



Comments

  1. saya juga dulu sering banget di tolak sama gugel adsense kok mas. Saya rasa memang sangat sulit untuk di approve di banding mengelola akun nya. Inilah yang kemudian menjadi tantang tersendiri bagi kita. Kalau kita mau berusaha, pasti di situs ada jalan. :)

    ReplyDelete
  2. @ ririn : betul mba ririn, menjadi penasaran dan menjadi tantangan

    ReplyDelete
  3. Kayanya saya rekornya di tolak GA..
    hehe

    ReplyDelete
  4. @Arif : saya juga sekarang fokus trafik dulu saja dan nulis artikel

    ReplyDelete
  5. mantap gan, ini baru saya mengerti.
    oia, kalau postingan di edit dl di word office dengan pengurangan dan menambahan bahasa sendiri untuk penyesuaian maksud, gimana gan?
    ini blog ane gan www.agipsaudagarpanci.com

    ReplyDelete
  6. Thanks infonya gan, perlu banyak sabar, konsisten, dan nikmati prosesnya.

    jgn lupa mampir gan: www.transiskom.com

    ReplyDelete

Post a Comment